Edukasi Perbankan - Pusing Dengan Perubahan Nilai Tukar?

Kebutuhan masyarakat Indonesia atas produk treasury dan derivatif semakin hari semakin berkembang, karena masyarakat membutuhkan valuta asing untuk berbagai aktivitas internasionalnya, seperti pembayaran transaksi yang dilakukan dengan pihak luar negeri, biaya pendidikan anak yang bersekolah di luar negeri, alat pembayaran liburan di luar negeri dan sebagainya.

Disamping itu, investor modern menggunakan produk derivatif sebagai instrumen untuk meminimalisasi risiko dan mengoptimalkan arus kas uang masuk dan keluar.

Produk treasury yang paling dikenal di masyarakat adalah produk valuta asing (valas atau Foreign Exchange/Forex).

Valuta Asing

Transaksi valuta asing adalah proses jual beli satu mata uang terhadap jenis mata uang lain. Mata uang asing utama yang diperdagangkan secara aktif di pasar valuta asing Indonesia adalah Dollar Amerika Serikat (USD), Yen Jepang (JPY), Dollar Singapura (SGD), Euro Uni Eropa (EUR), Pound Sterling Inggris (GBP), Franc Swiss (CHF) dan lain-lain.

Kurs Jual dan Kurs Beli

Kurs adalah harga satu unit mata uang terhadap mata uang lain. Bank menawarkan kurs jual dan kurs beli yang berbeda untuk transaksi valas. Kurs jual adalah kurs di mana bank menjual valuta asing, sedangkan kurs beli adalah kurs di mana bank membeli valuta asing.

Produk Derivatif

Produk derivatif (turunan) merupakan suatu kontrak finansial yang nilainya tergantung pada suatu faktor risiko. Produk derivatif banyak digunakan karena tingkat fleksibilitas yang tinggi dan mempunyai banyak sekali varian, yang tergantung dari kebutuhan Anda dan pengetahuan serta lengkapnya infrastruktur atas produk dari bank yang menawarkan. Mengingat tingginya tingkat kompleksitas dari produk derivatif, maka Anda dianjurkan untuk menghubungi petugas bank yang Anda percaya untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.

Risiko Produk Treasury/Derivatif

Nilai tukar mata uang asing di pasar dunia selalu berubah mengikuti arus perdagangan dunia, kebijakan finansial dan ekonomi negara yang bersangkutan, serta faktor lainnya. Perubahan nilai tukar ini dapat mengakibatkan naik atau turunnya nilai mata uang yang Anda miliki.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  • Pastikan Anda memperoleh informasi yang akurat atas seluruh transaksi yang dilakukan.
  • Hubungi bank untuk mengetahui nilai tukar mata uang yang sedang berlaku sepanjang jam operasional bank.
  • Sepakati nilai tukar dengan bank sebelum Anda melakukan transaksi.
  • Lengkapi seluruh formulir transaksi beserta semua bukti identitas yang diperlukan
  • Perhatikan seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Produk Treasury dan Derivatif bukanlah merupakan produk tabungan walaupun produk ini bisa membawa keuntungan, sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  • Produk Treasury dan Derivatif dapat dimanfaatkan untuk spekulasi atau hedging (lindung nilai) namun pahami semua risiko terkait.
  • Semakin tinggi potensi keuntungan yang dapat Anda raih, semakin besar pula risiko berkurangnya nilai investasi Anda

sumber: bi.go.id/id/iek Edukasi Konsumen Perbankan