Edukasi Perbankan - Cara Cepat Mengenali Layanan Perbankan Syariah

Di mana saja layanan bank syariah dapat ditemukan? Berikut adalah tip-tip untuk mengenali layanan perbankan syariah secara cepat. Perkembangan pesat dari perbankan syariah menuntut layanan prima dari industri perbankan syariah sehingga semakin mudah diakses oleh masyarakat luas. Di mana saja layanan bank syariah dapat ditemukan?


Berikut adalah tip-tip untuk mengenali layanan perbankan syariah secara cepat.

  • Perhatikan Logo iB yang dipasang di depan kantor bank yang telah resmi beroperasi sebagai bank syariah (BUS, UUS dan BPRS), baik kantor pusat, kantor cabang maupun kantor layanan syariah. Logo iB biasanya juga dipasang di papan reklame, spanduk, neon sign atau bilboard.
  • Masyarakat juga bisa mendapatkan layanan perbankan syariah di bank-bank konvensional yang membuka layanan office channeling Bank konvensional. Penandanya adalah stiker Logo iB layanan syariah biasanya terpasang di depan pintu masuk bank konvensional. Biasanya di depan konter pelayanan syariah bank akan memasang banner atau poster yang memberikan penjelasan mengenai produk dan jasa perbankan syariah yang tersedia. Informasi lebih lengkap layanan syariah ini juga dapat diperoleh melalui customer service atau staff in charge di kantor bank konvensional tersebut.
  • Layanan bank syariah juga bisa dilakukan melalui kantor pos terdekat. Beberapa bank syariah telah bekerjasama dengan PT. Pos dan Telekomunikasi dalam rangka memperluas jaringan layanan jasa perbankan syariah kepada masyarakat. Masyarakat dapat menanyakan informasi ini kepada pegawai kantor pos yang sedang bertugas.
  • Untuk mengambil uang tunai dan transfer sekarang juga tidak sulit lagi, masyarakat bisa menggunakan ATM bank syariah, ATM bank konvensional yang mencantumkan Logo iB di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Saat ini bank-bank syariah saat ini juga telah bekerjasama dengan lebih dari 6000 jaringan ATM Bersama dan 7000 jaringan ATM Prima dan BCA. Melalui jaringan ATM di seluruh Indonesia, nasabah dapat menarik uang tunai, transfer dan melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan seperti membayar tagihan telpon, listrik, internet, pesan tiket pesawat dan masih banyak lagi.
  • Kartu Debit bank syariah sekarang juga sudah dapat digunakan untuk berbelanja di supermarket, mall, restoran dan tempat-tempat wisata yang mempunyai hubungan kerjasama dengan bank syariah.
Selamat bertransaksi dengan bank syariah


sumber: bi.go.id/id/iek Edukasi Konsumen Perbankan