Investasi - Reksa Dana Terbuka

Reksa Dana Terbuka adalah Reksa Dana yang dapat dibeli dan dijual sewaktu-waktu setiap hari bursa.


Reksa Dana Terbuka dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari isi portofolionya. Paling umum, jenis-jenis dari Reksa Dana Terbuka antara lain : Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Pasar Uang.

  • Reksa Dana Saham
    Reksa Dana Saham adalah Reksa dana yang menginvestasikan dananya sebagian besar pada saham-saham yang diperdagangkan di Bursa Efek. Jenis ini memberikan potensi tingkat pengembalian dan risiko yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya (high risk, high return).
    Reksa Dana jenis ini tepat bagi investor pemula yang berorientasi jangka panjang (jangka waktu investasinya di atas 3-5 tahun)
  • Reksa Dana Obligasi
    Reksa Dana Obligasi adalah Reksa dana yang menginvestasikan dananya sebagian besar pada obligasi, baik obligasi korporasi maupun obligasi pemerintah.
    Reksa Dana jenis ini tepat bagi investor yang ingin memperoleh pendapatan yang relatif stabil serta menginginkan tingkat pengembalian serta risiko yang moderat.
    Reksa Dana jenis ini tepat bagi investor pemula yang berorientasi jangka menengah (jangka waktu investasinya 1-3 tahun)
  • Reksa Dana Pasar Uang
    Reksa Dana Pasar Uang adalah Reksa dana yang menginvestasikan dananya sebagian besar pada produk-produk di pasar uang seperti deposito, SPN, SBI, dll.
    Reksa Dana ini menawarkan tingkat risiko dan pengembalian yang relatif Rendah dan tepat bagi investor pemula dan berorientasi jangka pendek (jangka waktu investasinya < 1 th)
  • Reksa Dana Campuran
    Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang menginvestasikan dananya pada berbagai macam Efek (seperti : deposito, saham, obligasi, dll). Alokasi aktiva didistribusikan pada investasi saham untuk tujuan pertumbuhan, obligasi untuk pendapatan, pasar uang untuk tunai dan stabilitas.

Reksa Dana tepat bagi investor dengan tingkat risiko moderat.

sumber: sikapiuangmu.ojk.go.id Sikapi Uangmu