Jenis dan Klasifikasi Rumah Sakit

Rumah Sakit dapat dibagi berdasarkan jenis pelayanan dan pengelolaannya. Berdasarkan jenis pelayanan yang diberikan, Rumah Sakit dikategorikan dalam Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Khusus. Rumah Sakit Umum memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit. Rumah Sakit Khusus memberikan pelayanan utama pada satu bidang atau satu jenis penyakit tertentu berdasarkan disiplin ilmu, golongan umur, organ, jenis penyakit, atau kekhususan lainnya.

Berdasarkan pengelolaannya Rumah Sakit dapat dibagi menjadi Rumah Sakit publik dan Rumah Sakit privat. Rumah Sakit publik dapat dikelola oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan badan hukum yang bersifat nirlaba. Rumah Sakit privat dikelola oleh badan hukum dengan tujuan profit yang berbentuk Perseroan Terbatas atau Persero.

Dalam rangka penyelenggaraan pelayanan kesehatan secara berjenjang dan fungsi rujukan, rumah sakit umum dan rumah sakit khusus diklasifikasikan berdasarkan fasilitas dan kemampuan pelayanan Rumah Sakit.

    Rumah Sakit umum terdiri atas :
  1. Rumah Sakit umum kelas A;
  2. Rumah Sakit umum kelas B;
  3. Rumah Sakit umum kelas C;
  4. Rumah Sakit umum kelas D.
    Klasifikasi Rumah Sakit khusus terdiri atas :
  1. Rumah Sakit khusus kelas A;
  2. Rumah Sakit khusus kelas B;
  3. Rumah Sakit khusus kelas C.
    Setiap penyelenggara Rumah Sakit wajib memiliki izin.
  1. izin mendirikan, diberikan untuk jangka waktu 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang untuk 1 (satu) tahun;
  2. izin operasional, diberikan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang kembali selama memenuhi persyaratan.

Selain itu terdapat juga Rumah Sakit pendidikan yaitu Rumah Sakit yang menyelenggarakan pendidikan dan penelitian secara terpadu dalam bidang pendidikan profesi kedokteran, pendidikan kedokteran berkelanjutan, dan pendidikan tenaga kesehatan lainnya. Tentu saja setelah memenuhi persyaratan dan standar rumah sakit pendidikan.

Referensi
  • BAB VI Jenis dan Klasifikasi, UU No.44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit
##oleh DHD##