Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar (ABD) atau hearing aid merupakan alat elektronik sederhana untuk memperkuat suara guna membantu fungsi pendengaran. Prinsip kerjanya sama dengan sound system pada umumnya yaitu suara diterima oleh mikrofon diteruskan pada perangakat elektronik untuk dinaikan kekuatannya diteruskan kembali pada speaker dengan kekuatan lebih besar dari sebelumnya. ABD dibuat dengan ukuran kecil dengan desain yang nyaman bagi penggunanya.

Penggunaan alat bantu dengar tentu saja harus melalui konsultasi dan pemeriksaan dokter. Pemeriksaan guna mengetahui jenis gangguan pendengaran secara medis serta kesesuaian tingkat ganggungan dengan alat yang dipilih karena tidak semua perangkat cocok untuk setiap orang. Ajaklah pendamping saat melakukan konsultasi, dua orang atau lebih akan membantu pemahaman yang lebih memadai.

Cobalah sebelum membeli. Mintalah alat bantu demonstrasi yang direkomendasikan dokter untuk mendapatkan alat bantu dengar yang sesuai. Pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan, karena pada perkembangannya teknologi menawarkan ekstra fungsi bahkan fitur canggih. Jika jarang sekali pergi keluar, fitur cangging mungkin tidak diperlukan sehingga dapat berhemat.

Sebelum membeli alat bantu dengar, pastikan sesuai rekomendasi medis. Coba alatnya, pilih sesuai kebutuhan dan pastikan layanan purna jual yang baik.

Referensi
  • Hearing Aid, en.wikipedia.org
  • How to Get the Right Hearing Aid, aarp.org
##oleh DHD##