Kebudayaan Nasional Indonesia

Kebudayaan di Indonesia atau kebudayaan nasional merupakan kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional.

Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya.

Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda, seperti: Rumah, Pakaiaan, Tarian, Lagu, Musik, Seni Gambar, Seni Patung, seni Suara, Seni Sastra, Makanan, dll.

Sudah sewajarnya kita ikut melestarikan kebudayaan nasional Indonesia. Bahkan tidak kalah pentingnya riset budaya Indonesia untuk memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam melaksanakan Pembangunan Nasional, terutama percepatan Pembangunan Sosial yang saat ini harus ditingkatkan.

Selama bhineka tunggal ika berada di cengkraman Garuda Pancasila (baca:Indonesia memegang teguh bhineka tunggal ika), kebudayaan nasional juga merupakan modal Indonesia mewujudkan masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Referensi
  • Budaya Indonesia, id.wikipedia.org
##oleh DHD##