Tanaman Obat Indonesia

Tanaman obat keluarga adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Hampir semua bagian tanaman bermanfaat baik secara langsung maupun tidak langsung, dan seiring dengan waktu penelitian-penelitian semakin banyak membuktikannya. Merupakan keuntungan tersendiri yang patut disyukuri bahwa Indonesia kaya akan jenis tanaman yang sudah semestinya menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Pada website sentra informasi iptek dapat kita temukan daftar tanaman obat indonesia, disana dijelaskan setiap jenis tanaman mulai dari nama, sinonim, familia, uraian singkat, nama lokal daerah, penyakit yang dapat diobati, cara pemanfaatan serta komposisi tanaman tersebut. Klik disini untuk mengakses daftar tanaman obat Indonesia.

Mengenal lingkungan dan menjaga keseimbangannya, merupakan bagian dari siklus hidup saat ini dan generasi yang akan datang.

Referensi
  • Tanaman Obat Keluarga, id.wikipedia.org
  • Tanaman Obat Indonesia, iptek.net.id
##oleh DHD##