Batik

Tahukah anda, bahwa batik yang semula dibuat di atas bahan berwarna putih yang terbuat dari kapas (kain mori) berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yaitu: "amba" yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik". Motif yang berbahan lilin itu ditulis menggunakan canting untuk motif halus atau ada juga dengan menggunakan kuas untuk motif berukuran besar, sehingga lilin meresap kedalam serat kain.

Tidak sampai tahap itu, kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan pelarut lilin.

Keragaam batik dapat dikelompokan berdasarkan corak, daerah asal, dan teknik pembuatan. Pada awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, seiring perkembangan corak batik semakin berkembang dengan adanya perpaduan pengaruh asing. Namun demikian batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing. Batik juga banyak dihasilkan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Pekalongan, Solo, Aceh, Minangkabau, Bali, Papua dan banyak daerah Indonesia lainnya. Sedangkan berdasarkan teknik pembuatan, batik digolongkan menjadi batik tulis, batik cap, dan batik lukis.

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Batik sebagai bagian dari budaya Indonesia, sudah menjadi bagian dari aspek kehidupan bangsa. Tidak hanya pakaian, corak batik sudah banyak diimplemetasikan pada banyak hal. Salah satu kebanggaan yang patut dilestarikan dan kita syukuri.

Referensi
  • Batik, id.wikipedia.org
  • Indonesian Batik, unesco.org
##oleh DHD##